RINA SAYS

始めまして, 私の名前はリナです。 よろしくお願いします

Share about Rakuten (Toko Belanja Online)

Pada 1990-an, jaringan internet di Indonesia sedikit sekali penggunanya dan sulit untuk berakselerasi. Kini, di era teknologi informasi, banyak cara yang bisa digunakan oleh siapa pun untuk berinternet.

Salah satu yang berkembang adalah bisnis online (e-commerce). Sekarang, untuk membeli barang, seseorang tidak perlu datang langsung kepada penjualnya dan melakukan proses tawar-menawar. Kini, Anda dapat membeli produk secara online, hanya tinggal mencari jenis barang yang dibutuhkan dan mencarinya di situs online.


Dari sekian banyak situs online yang menawarkan barang dan jasa, tentu saja saya lebih tertarik pada barang yang ditawarkan pada bisnis online. Alasannya mungkin bagi saya adalah barang adalah sesuatu yang mudah untuk diteliti dan dijual di bisnis online. Sedangkan untuk jasa masih sedikit tidak mudah untuk ditawarkan di dalam bisnis online.

Salah satunya adalah situs online Rakuten, yang berdiri sejak 1997. Situs belanja online ini merupakan salah satu yang terbesar di Jepang. Di situs belanja online ini Anda bisa membuka toko online sendiri, dan Rakuten adalah situs induknya.

Sistem yang berlaku di Rakuten berbeda dengan e-commerce besar dunia seperti e-Bay atau Amazon. Pemilik usaha dapat menyewa ruangan untuk usahanya, sementara urusan pengantaran barang, contact center, marketing, hingga konsultasi teknologi dilakukan oleh Rakuten.


Pada Juni 2011, Rakuten membuka pasarnya di Indonesia, dengan domain rakuten.co.id. Dengan beragam fasilitas yang disediakan, Rakuten berharap dapat membangkitkan dunia usaha di Indonesia, khususnya di bidang bisnis online.

Rakuten menyediakan berbagai fasilitas bagi orang-orang yang mau berbisnis online, seperti mempromosikan dan menyediakan manajer toko online.

Selain itu, bisnis online di Rakuten ini bisa digunakan oleh usaha kecil dan menengah (UKM) serta industri besar. Dengan trafik dari Sabang sampai Merauke ini akan menarik para pembeli. UKM dan industri besar juga bisa menggunakan Rakuten untuk membangkitkan brand mereka.

Aroma Negeri Matahari Terbit memang sangat terasa saat memasuki Rakuten yang beralamat di rakuten.co.id ini. Tidak susah menemui produk dari negara ini, mulai dari produk kopi Jepang Katto Coffee, perlengkapan cosplay, hingga mainan dan boneka khas Jepang yang masih menampilkan huruf Kanji atau Hiragana.

Saat ini, jumlah merchant yang terdaftar di Rakuten berjumlah lebih dari 280, dengan jumlah komoditas mencapai 200 ribu produk.

Lima kategori yang paling populer di Indonesia adalah gadget, fashion, makanan, buku, dan kosmetik.

Tidak hanya dari segi produk, Rakuten juga memberikan pengalaman berbelanja serupa di Jepang. Misalnya untuk mengakomodasi kebutuhan pembeli dengan kesibukan yang padat, Rakuten menawarkan layanan "Pick Up Point", di mana konsumen dapat mengambil barang yang dibelinya di Alfamart.

Kekuatan lain Rakuten, menurut dia, adalah penjelasan produk yang ditampilkan secara detail.  Di Rakuten, penjelasan tidak hanya dalam bentuk teks, tapi juga melalui beberapa gambar berukuran besar atau bahkan video untuk menarik perhatian konsumen.

Secara global Rakuten saat ini beroperasi di 13 negara di wilayah Amerika Utara, Eropa, dan Asia-Oseania. Di Jepang, Rakuten Ichiba memiliki 75 juta anggota dan 38.500 merchant.



  print this page

0 komentar:

About Myself

Foto saya
Maruitamago, Tenbinza, Nihongo Daisuki, "Share to Care", Chiiki ni iki Sekai ni nobiru :) Yoroshiku Onegai Shimasu :)

Cari Blog Ini

I Following

Followers